Kamis, 17 Januari 2013

Green Building Standard, untuk gedung yang ramah lingkungan

Green Building Standard, untuk gedung yang ramah lingkungan


Green building standards berfokus kepada pembangunan gedung perumahan maupun komersil agar lebih ramah lingkungan, berkelanjutan dan lebih menyehatkan bagi para penghuninya. Sudah banyak kontraktor dan desainer yang menerapkan standar ini pada desainnya untuk membuat sebuah gedung yang menggunakan material yang ramah lingkungan, hemat energi dan tidak menyebabkan polusi udara. Di Amerika Serikat secara perlahan telah mengadopsi standar ini,  mungkin karena dengan melimpahnya sumber daya dan energi yang murah, tetapi dengan mempopulerkan gerakan “penghijauan”, Hal ini tentunya akan dapat dipraktekkan secara luas.
US Green Building Council (USGBC) adalah otoritas terdepan dalam pelaksanaan standar bangunan hijau di Amerika Serikat. Mereka telah berkomitmen untuk mematuhi 5 prinsip dasar di bawah ini:
  • Kebersinambungan: Sebuah gedung harus dibuat menggunakan teknologi dan material yang berkesinambungan.
  • Kesetaraan: Segala desain yang dibuat harus menunjukkan rasa hormat kepada komunitas di sekitar area konstruksi dan menghargai segala budaya yang dipercaya masyarakat sekitar. Dan segala bentuk perencanaan harus mempertimbangkan segala aspek sosial ekonomi.
  • Keterbukaan: USGBC mengajak masyarakat sekitar untuk ikut terlibat dalam hal desain dan pembangunan.
  • Progress: Desain harus memiliki hasil terukur dari dampak bangunan terhadap masyarakat, lingkungan dan ekonomi daerah.
  • Keterikatan: Desain bangunan hijau harus menghargai hubungan antara manusia dengan alam dan mengenali kewajiban manusia terhadap alam.
Tanggung jawab, keterbukaan, kepemimpinan, inovasi dan integritas adalah poin utama dalam green building standard. Pada Agustus 1998, USGBC mendirikan Leadership in Energy and Environmental Design (LEED), sebuah sistem yang bergerak dalam pendesainan dan penerapan green building standards. LEED diset secara sukarela, sebagai standar seragam yang mengambil desain seluruh bangunan menjadi pertimbangan. Menggunakan sistem penilaian, maka imbalan yang pembangun inovasi dalam kemajuan desain bangunan hijau lapangan. Tujuan LEED adalah untuk membuat standar bangunan hijau cara yang layak bangunan yang diterima oleh khalayak banyak, tidak hanya lingkungan sekitar.
Ada lima area di mana bangunan dievaluasi oleh LEED: Situs Berkelanjutan, Efisiensi Air, Energi dan Atmosfer, Bahan dan Sumber dan Kualitas Lingkungan Indoor. Tingkat sertifikasi mulai Bersertifikat dan kemajuan ke Silver, Gold dan Platinum, yang merupakan tertinggi.
Banyak yang berpikir bahwa standar bangunan hijau membutuhkan biaya mahal. Meskipun ada peningkatan yang pasti dalam biaya pembangunan, pendukung bangunan hijau mengutip penelitian yang membuktikan penghematan selama penggunaan bangunan. Penghematan energi yang dinikmati oleh pemilik bangunan hijau menerjemahkan untuk menurunkan biaya, kemampuan untuk menyewa ruang komersial dan perumahan bagi penyewa lebih dan sehat dan lebih puas. Menurut satu laporan, investasi awal dua persen ekstra dalam desain bangunan hijau merupakan penghematan 20% pada total biaya konstruksi selama umur bangunan.
Laporan lain menunjukkan bahwa 4 $ (USD) per kaki persegi recoups investasi sekitar 58 USD per kaki persegi selama 20 tahun. Manfaat yang dihitung dalam kesehatan dan produktivitas, biaya operasi dan pemeliharaan, tabungan dalam utilitas dan penghematan emisi. Bangunan dibangun dengan standar bangunan hijau menunjukkan peningkatan dua sampai 16% pada produktivitas pekerja.
Beberapa bangunan yang mematuhi standar green building menggunakan pemanasan panas bumi dan sistem pendingin, daur ulang air abu-abu atau air hitam, skylight atau pencahayaan alam lainnya, tenaga surya atau angin, ventilasi meningkat, produk kayu yang berkelanjutan dan udara dua kali disaring. Puing dari konstruksi sering didaur ulang untuk pembangun lain untuk digunakan dalam proyek-proyek masa depan.
Sejauh ini, 49 kota di 15 negara telah dimasukkan ke kode standar LEED undang-undang dan bangunan. Sembilan inisiatif federal di agen-agen federal telah diadopsi, termasuk Badan Perlindungan Lingkungan, Departemen Energi dan Departemen Pertahanan, antara lain. Gedung perkantoran, apartemen, rumah, gedung-gedung pemerintah dan sekolah semua bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan standar bangunan hijau. Baru-baru ini, USGBC mengeluarkan panggilan untuk desainer, perencana dan pembangun untuk mengajukan ide-ide mereka untuk membangun kembali New Orleans hijau. Secara global, ada beberapa proyek yang didaftarkan oleh LEED, menggunakan standar bangunan hijau di 24 negara.
sumber




Tidak ada komentar:

Posting Komentar